iklan 728x90


Namanya Human Papillomavirus atau disingkat HPV. Virus ini mengincar daerah genital.
Virus HPV memiliki 100 tipe. Sebanyak 30 tipe di antaranya menginfeksi daerah kelamin. Empat dari 30 tipe yang menginfeksi daerah kelamin bisa berbahaya, bahkan menyebabkan kematian.

Pada umumnya, sistem kekebalan tubuh kita akan membersihkan virus HPV. Tetapi ketika imunitas menurun, sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik melawan virus tersebut sehingga menyebabkan penyakit.

Ada empat tipe HPV yang biasanya menginfeksi manusia, yaitu:
- Tipe 16 dan 18, penyebab kanker serviks, kanker Miss V, dan kanker vulva pada wanita.
- Tipe 6 dan 11, penyebab kutil kelamin pada pria dan wanita, serta kanker Mr P.

"Kalau HPV tipe 16 dan 18 menyerang tidak akan jadi masalah. Pria tidak memiliki rahim, jadi tak akan jadi kanker pada mulut rahim (serviks)," tutur dr Ardiansjah Dara SpOG MKes dari MCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, dalam seminar “Mengenal Kanker Serviks dan Virus HPV” di MNC Tower, Kamis (12/4/2012).

Virus HPV diketahui dapat menginfeksi pria dan wanita. Penularannya bisa melalui jalur seksual dan nonseksual.

Cara penularan seksual melalui sexual intercourse (hubungan intim), genital to genital (lesbian, menempelkan Miss V satu dengan lainnya), manual to genital (peting, tangan memegang kelamin), dan oral genital (oral seks).

"Penularannya tidak selalu berhubungan intim di mana Mr P memasuki rongga Miss V. Saat peting juga bisa menular. Misalnya, tangan seseorang ‘memainkan’ kelamin pasangannya yang sudah ditempeli virus HPV, lalu dia menyentuh kelaminnya. Itu bisa menular. Jadi sakit bila imunnya tak kebal. Virus ini terdapat di permukaan kulit organ intim, di permukaan kulit skrotum juga ada," jelasnya.

Jika nonseksual, berasal dari pakaian dalam yang tidak bersih dan dipakai bergantian, handuk yang dipakai bersamaan, sarung tangan bedah dokter, biopsi, dan persalinan normal.

"Bayi yang dilahirkan melalui persalinan normal dari ibu yang memiliki virus HPV tipe genital dapat terpapar dan menjadi sakit karena virus ini. Biasanya, bayi menjadi susah bernafas. Karenanya jika sang ibu diperiksa memiliki virus ini, maka persalinan harus caesar," imbuhnya.

Selain empat tipe yang menyerang organ genital, tipe lain bisa menyebabkan kelainan pada organ lain. Misalnya, permukaan kulit seluruh tubuh.

"Anda tahu ada manusia pohon? Dia memiliki banyak kutil di tubuhnya yang menyerupai akar pohon. Itu juga karena virus HPV ini, tapi bukan tipe genital," jelasnya. (tty)

Jangan Lupa di Like ya....







Tinggalkan Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

arsip master unik

serba-serbi (279) unik (161) hot (151) Fakta (97) lifestyle (71) tips n trik (61) Public Figure (53) techno (53) misteri (43) animal (41) Sexology (32) humor (30) Sejarah (26) Mistik (20) asmara (19) musik (14) misteri luar angkasa (12) sport (12) otomotif (11) Politik (7) kisah (7) seni (5) Pasang Iklan (1) kata-kata mutiara (1)