iklan 728x90


Demi lulus Ujian Nasional (Unas) berbagai macam ritual dilakukan. Salah satunya adalah meminta jampi-jampi kepada tokoh spiritual. Caranya, pensil yang akan digunakan mengerjakan ujian itu diberi rajah dan doa-doa.

Ritual 'aneh' menjelang Unas itu salah satunya digelar di rumah seorang tokoh spiritual asal Tambakberas Jombang, H Abdul Hakim. Yang ikut dalam acara tersebut mencapai puluhan orang. Mereka adalah para pelajar yang akan mengikuti Unas besok.

Acara pemberian jampi-jampi itu diawali dengan istighasah. Mereka duduk melingkar di teras rumah Abdul Hakim. Sementara, pensil yang sudah diberi nama masing-masing pelajar di taruh di depannya. Selain itu juga satu botol air mineral berukuran 500 ml. Selanjutnya, pensil dan air itu diberi doa secara bersama-sama.

Sebelumnya, pensil yang akan digunakan untuk Unas ini terlebih dahulu diberi jampi-jampi oleh sang paranormal. Caranya, alat tulis itu beri tulisan huruf arab atau yang biasa disebut rajah. Usai doa bersama, peralatan itu kembali dibagikan kepada masing-masing empunya. "Ini sebagai salah satu ikhtiar selain belajar rutin. Selain itu juga untuk mendapat ketenangan saat Unas," kata Laila, pelajar asal MA (Madrasah Aliyah) Tembelang, Jombang.

Sementara, H Abdul Hakim mengatakan, setiap tahun dirinya selalu didatangi para pelajar yang akan mengikuti Unas. Mereka ingin mendapatkan jampi-jampi agar memperoleh ketenangan batin saat Unas. Menurut Hakim, kekuatan doa memang mampu memberi siswa dala ujian.

Pun demikian, pria yang punya klinik pengobatan supranatural ini menghimbau agar para pelajar tersebut tidak melupakan belajar. "Berdoa tanpa belajar, hasilnya akan sia-sia. Untuk itu, meski pensil untuk Unas sudah diberi doa, maka siswa tetap harus belajar," kata Hakim menghimbau.

Sumber: beritajatim.com

Jangan Lupa di Like ya....







Tinggalkan Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

arsip master unik

serba-serbi (279) unik (161) hot (151) Fakta (97) lifestyle (71) tips n trik (61) Public Figure (53) techno (53) misteri (43) animal (41) Sexology (32) humor (30) Sejarah (26) Mistik (20) asmara (19) musik (14) misteri luar angkasa (12) sport (12) otomotif (11) Politik (7) kisah (7) seni (5) Pasang Iklan (1) kata-kata mutiara (1)