iklan 728x90


Petugas BMKG berkoordinasi dan memantau gempa yang terjadi di Aceh melalui layar monitor lokasi pusat titik gempa di kantor BMKG, Jakarta, Rabu (11/4).

fashingnet.com- Ketua Tim Revisi Peta Gempa Indonesia, Masyhur Irsyam, mengatakan terdapat kurang lebih sepuluh sumber gempa di sekitar wilayah DKI Jakarta. "Sumber terbesar diperkirakan berada di Selat Sunda," kata Masyhur di Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, 17 April 2012.

Menurut Masyhur, sumber gempa di Selat Sunda diprediksi mencapai 8,4 skala Richter pada awal pembuatan peta gempa itu. "Bisa lebih. Bahkan, ada yang menyebut 8,7 skala Richter dan 9 skala Richter," ujar Ketua Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung ini.

Masyhur menyatakan sepuluh sumber gempa itu berada di luar wilayah Jakarta. Ia mengaku belum tahu ihwal keberadaan sumber gempa dalam wilayah Jakarta. "Belum ada bukti otentik ada atau tidaknya sumber gempa di Jakarta," kata anggota Tim Penasihat Konstruksi Bangunan DKI Jakarta ini.

Mengenai keselamatan bangunan tinggi di Jakarta, Masyhur mengatakan bangunan akan tahan menghadapi guncangan gempa jika bangunan itu direncanakan, diawasi, dan dikelola dengan mengikuti kaidah dan tata perencanaan yang berlaku. Kaidah perencanaan itu merupakan standar penghitungan kekuatan bangunan terhadap besarnya daya gempa. "Yang masalah adalah apabila (bangunan) tidak mengikuti kaidah," katanya.

Sementara untuk bangunan satu lantai, misalnya rumah, pemerintah juga akan mendorong bangunan itu mengikuti peraturan baru mengenai bangunan tahan gempa. "Kami berharap Pemerintah Daerah memberikan syarat kepada bangunan agar IMB (Izin Mendirikan Bangunan) mulai diketatkan untuk menjamin bahwa hanya bangunan tahan gempa yang dibangun," ujar Masyhur.

Menurut Masyhur, kebijakan seperti itu tidak hanya ditujukan untuk Jakarta, tetapi juga untuk seluruh wilayah lain di Indonesia. Soalnya, semua wilayah Indonesia berpotensi diguncang gempa. "Hanya bergantung besar-kecil guncangannya," ucap dia.

http://www.tempo.co/read/news/2012/04/17/206397690/p-10-Pusat-Gempa-Dahsyat-Ancam-Jakarta

Jangan Lupa di Like ya....







Tinggalkan Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

arsip master unik

serba-serbi (279) unik (161) hot (151) Fakta (97) lifestyle (71) tips n trik (61) Public Figure (53) techno (53) misteri (43) animal (41) Sexology (32) humor (30) Sejarah (26) Mistik (20) asmara (19) musik (14) misteri luar angkasa (12) sport (12) otomotif (11) Politik (7) kisah (7) seni (5) Pasang Iklan (1) kata-kata mutiara (1)